5 Bintang MU yang Seharusnya Tak Dilepas Sir Alex Ferguson

Tak bisa disangkal, Sir Alex Ferguson merupakan sosok paling berjasa bersama Manchester United (MU). Dia adalah manajer yang membuat klub tersebut sangat ditakuti di tanah Inggris.

Fergie dikenal karena strateginya di bursa transfer. Dia acap mendatangkan pemain-pemain yang awalnya diremehkan, tapi sukses disulap menjadi bintang saat bermain bersama MU.

Tengok saja pemain-pemain semacam Eric Cantona, Cristiano Ronaldo, Ole Gunnar Solskjaer dan Edwin van der Sar. Namun sayangnya, Fergie acap menjual pemain yang sudah menjadi bintang.

Uang penjualannya memang menggiurkan. namun, beberapa di antaranya malah jadi keputusan yang buruk.

Ada lima contoh pemain bintang MU yang seharusnya tak dijual Fergie. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Jaap Stam

Jaap Stam adalah salah satu bek paling sukses di era Liga Primer. Dia adalah bagian penting dari saat Red Devils raih treble winners dan menjalani tiga musimnya di sana sebagai juara Liga Inggris.

Punya postur tinggi, Stam cepat, kuat secara fisik, sangat baik di udara dan sosok yang mengintimidasi di lini belakang United. Namun, dia terpaksa meninggalkan klub tersebut karena kesalahpahaman dengan Fergie.

Stam pindah ke Lazio dalam kesepakatan 16,5 juta pounds pada tahun 2001. Dia kemudian pergi untuk mencapai hal-hal hebat di Lazio dan merupakan bagian penting dari tim Milan yang kalah dari Liverpool di final Liga Champions 2005 yang terkenal di Istanbul.

Dia memiliki tugas singkat dengan Ajax, sebelum pensiun pada tahun 2007 sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia. Ferguson kemudian mengakui bahwa membiarkan Stam meninggalkan United adalah salah satu keputusan terburuk yang pernah dibuatnya.

Gerard Pique

Bila Anda memiliki Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand yang bermain di belakang, tidak mungkin bagi Pique untuk bangkit. Apalagi kala itu dia baru berusia 21 tahun.

Inilah kisah Gerard Pique di Manchester United. Dia adalah salah satu bek muda paling menggairahkan di Liga Inggris saat melakukan debut bersama United tahun 2004.

Dia membuat debut penuh untuk United pada 2006 namun tidak pernah bisa masuk ke tim utama secara konsisten. Pique akhirnya pindah dari United ke klub masa kecilnya, Barcelona, 2008 dan kemudian menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia.

Pique merupakan bagian penting Barcelona yang telah mengangkat 6 gelar La Liga dan 3 gelar Liga Champions. Ia juga memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol pada 2010 dan EURO2012.

David Beckham

David Beckham bergabung dengan Manchester United saat masih berusia 16 tahun dengan banyak potensi dan menjadi salah satu gelandang terbaik Eropa. Dia membuat debutnya di Manchester United berusia 17 tahun.

Beckham memiliki tugas yang sangat sukses dengan Manchester United, memenangkan 6 gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champion. Dia membuat 394 penampilan untuk United dan mencetak 85 gol.

Selama aksinya di Old Trafford, Becks dikenal sebagai salah satu eksekutor bola mati terbaik di Eropa. Dia memiliki kaki kanan yang menakjubkan dan tendangan bebasnya menyenangkan untuk ditonton.

Beckham mengalami masalah dengan Sir Alex Ferguson dan akhirnya pindah ke Real Madrid. Dia memiliki 4 tahun yang sukses bersama Real Madrid dan memenangkan gelar La Liga di tahun 2007. Dia kemudian pindah ke LA Galaxy selama musim panas 2007.

Sepanjang karierny Beckham dikenal sebagai salah satu pemain paling terkenal dan karismatik di dunia sepak bola. United berjuang tanpanya sampai menemukan permata pada Cristiano Ronaldo.

Paul Pogba

Paul Pogba adalah kesalahan yang harus dibayar mahal oleh Sir Alex Ferguson. Manchester United menjualnya seharga 800.000 pounds sebagai kompensasi kepada Juventus saat dia meninggalkan Old Trafford pada tahun 2012, karena kurang bermain.

Pogba bergabung dengan United pada tahun 2009 dan melakukan debut di liga Inggris tahun 2012. Dia bermain 3 kali untuk United dan pindah ke Juventus pada musim panas 2012, setelah menolak menandatangani perpanjangan kontrak. Dia jelas punya bakat untuk sukses di United tapi menolak menunggu peluangnya.

Agen Pogba, Mino Raiola memainkan peran utama dalam kisah transfernya dan hal itu membuat Ferguson marah. Dia bahkan menyebutkan tentang Raiola dalam bukunya, dengan mengatakan, “Ada satu atau dua agen sepak bola yang tidak saya sukai dan Mino Raiola, agen Paul Pogba, adalah salah satunya.”

Ternyata menjadi kesalahan yang sangat mahal saat Manchester United membayar 110 juta euro untuk pemain yang sama dengan yang pernah dijual seharga 800.000 pounds tiga tahun lalu. Sebuah kesalahan fatal.

Cristiano Ronaldo

Jika ada transfer yang tidak akan dilupakan fans United, Ronaldo muncul jadi yang pertama. Cristiano Ronaldo meninggalkan United untuk Real Madrid selama musim panas 2009 setelah menghabiskan enam tahun sukses di Old Trafford.

Ini adalah saat yang paling disesalkan bagi semua orang di Manchester United. Manchester membayar 12 juta poundsterling untuk Ronaldo pada tahun 2003 saat berusia 18 tahun.

CR7 sangat istimewa di bawah asuhan Fergie dan kemudian memenangkan 3 gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions. Dia membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia sepak bola dan pada usia 24 tahun, sukses meraih penghargaan Ballon d’Or pertamanya.

Dia memiliki mimpi yang jauh lebih besar dan Ferguson tidak bisa menghalangi. Ronaldo telah menjadi sosok penting di Santiago Bernabeu, memenangkan 3 gelar Liga Champion dan 4 penghargaan Pemain Terbaik Dunia.

Ronaldo sejauh ini telah bermain 410 kali untuk Real Madrid dan mencetak 417 gol. Hal ini tentu membuat fans Manchester United bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika Fergie tak menjualnya.


Comments are closed