Kurma Muda dan Potensi Bisnisnya di Indonesia

pohon-kurma-di-indonesiaBerbicara tentang kurma, pasti akan langsung terpikir tentang timur tengah dimana buah kurma merupakan salah satu buah khas dari negara-negara tersebut seperti arab saudi, tunisia, mesir dan lain lain. Namun, ada trend yang mana dimulai pada tahun 2012 dengan adanya penanaman kurma secara masif di sejumlah Provinsi di negara Thailand seperti Ayutthaya, Suphanburi, Kanchanaburi dan Nakhonracthasima.

Kurma yang mulai ditanami di Thailand berawal dari Tahun 1997 yang mana akhirnya keberhasilan didapat ketika Sak Lamjuan pemilik Kolak Farm yang tinggal di Daerah Chiangmai, Thailand di bagian Utara berhasil membudidayakan kurma hibrida dimana hasil dari persilangan jenis kurma barhee dan kurma deglet noot yang mana hasil panen pertama diperoleh ketika tanaman berusia 3 tahun.

Ketika percobaan tersebut berhasil, mulailah penanaman kurma yang diberi nama kurma KL-1 itu di budidayakan dengan skala besar dengan suhu wilayah yang mirip dengan wilayah Chiangmai seperti memiliki ketinggian 700 M diatas permukaan laut, memiliki suhu yang lembab dan sejuk, untuk di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah yang mirip dengan kondisi di sana yaitu seperti wilayah Bandung Barat yaitu lembang.

Namun, untuk jenis kurma yang ditanami di daerah tropis tidak bisa mencapai fase thamr (kecoklatan matang), dimana untuk mencapai kondisi tersebut hanya bisa dicapai di wilayah yang memiliki suhu diatas 40 derajat sehingga cuma sampai di fase ruthob (muda) saja. Namun, secara manfaat banyak sekali yang bisa didapat dengan mengkonsumsi kurma muda diantaranya yaitu:
1. Bagus untuk pasangan yang sedang menjalani program hamil
2. Dapat mencegah adanya pendarahan pada saat proses melahirkan
3. Dapat mengatur tekanan darah dan merawat mata

Dari segi nilai ekonomis, dengan segudang manfaat diatas secara harga di pasaran juga cukup tinggi dimana harga pasaran mencapai 200-350 ribu rupiah dengan potensi 5-10 tandan dengan perkiraan berat 10 kilogram per tandan per pohon. Dengan permintaan buah kurma ruthob yang tinggi di Indonesia, tentu menjadi potensi bisnis yang sangat besar di Indonesia yang tentu diharapkan bisa dimaksimalkan bersama.

Kampung kurma merupakan perusahaan agrowisata yang berbasis jangka panjang dimana menjual lahan kavling dengan bonus pohon kurma 5 buah dan selama 5 tahun proses akan diurus secara GRATIS. Untuk mengenal lebih lanjut bisa kunjungi link ini: kampung kurma


Comments are closed