Tahapan-Tahapan Cara Memandikan Yang Bayi Baru Lahir

tips cara memandikan bayi baru lahir dengan baik dan benar

Memandikan bayi adalah sebuah aktivitas yang ditujukan untuk membersihkan dan membuat bayi sehat. Akan tetapi dalam prosesnya seringkali  ada beberapa kesalahan yang dilakukan seperti suhu air yang dapat membuat iritasi pada kulit bayi dan lain sebagainya. Pada dasarnya, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memandikan bayi di usia tersebut dengan cara diguyur atau merendam tubuhnya di bak mandi bayi cukup dimandikan dengan cara diseka dengan waslap. Namun, karena rasa khawatir karena takut melukai bayi maka sering kali membuat orang tua menjai tidak tenang dalam memandikannya sehingga membuat kesalahan yang bisa berakibat fatal. Mungkin itu salah satu dari sekian alasan orang tua begitu khawatir dalam proses memandikan bayi, padahal dalam prosesnya ini sangat diperlukan ketenangan dan sedikit bumbu kasih sayang sehingga anak dapat dimandikan dengan lancar tanpa melukainya seikitpun.

Orang Tua Tidak Perlu Kuatir Ketika Memandikan Bayi Pertama Kali

Seyogyanya orang tua harus paham persoalan seperti ini untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan serta dapat melaksanakannya dengan benar. wawasan dan pengetahuan bisa menjadi salah satu faktor mengapa orang tua bisa begitu khawatir dalam memandikan sang buah hati. Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap orang tua menambah wawasan trsebut dengan membaca atau berkonsultasi dengan dokter yang ahli di bidang ini.

Selain itu, jangan pernah merasa khawatir dan tetap tenang serta percaya diri sehingga dalam melakukan proses memandikan bayi dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan yakni membersihkan tubuh dan membuatnya tetap sehat. Berikut adalah penjelasan tentang tahapan-tahapan cara memandikan bayi yang baru lahir. Sehingga orang tua sedikitnya paham mengenai cara memandikan sang buah hati dengan penuh kasih sayang tanpa menyakitinya secara sengaja ataupun tidak sengaja orangtua harus hati-hati

Berikut Panduan Lengkap Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir Yang Baik dan Benar

  1. Siapkan peralatan seperti : air hangat, baskom ukuran sedang, sampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk.
  2. Buka bajunya dengan perlahan, kemudian balut menggunakan handuk selanjutnya baringkan di atas alas anti air.
  3. Tutupi bagian tubuh yang tidak dibersihkan menggunakan handuk agar bayi tidak kedinginan.
  4. Bersihkan kelopak mata bagian atas secara perlahan dengan menggunakan waslap yang sudah diberi air hangat dan diperas.
  5. Usap telinga bayi bagian luar. Kemudian, bersihkan menggunakan waslap pada lipatan di leher, kaki dan tangannya.
  6. Berikan sedikit sampo ke waslap kemudian gosok sampai keluar busa, usapkan perlahan pada kepala bayi. Lalu bersihkan kembali waslap dan usap lembut kembali kepala bayi hingga tak ada busa tersisa.
  7. Untuk area kelamin, bersihkan dari depan menuju belakang. Jika bayi laki-laki dan belum di sunat, tidak perlu menarik ujungnya, cukup dengan bersihkan bagian luarnya. Begitupun dengan bayi yang telah disunat.
  8. Lanjutkan dengan memakaikan popok dan baju. letakan lipatan popok di bawah sisa tali pusar bayi.

Demikian penjelasan di atas mengenai tahapan-tahapan cara memandikan yang bayi baru lahir. Pemaparan ini tiada lain hanya untuk menambah wawasan serta pengetahuan cara memandikan bayi sebagai bentuk rasa kasih sayang kepada sang buah hati. Segala konsekuensi atas terjadinya kecelakaan pada bayi adalah tanggung jawab orang tua, jadi berhati-hati dan telitilah dalam mengurus buah hati sebgai karunia dari tuhan. Sekian dan terima kasih, semoga penjelasan ini bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua dan khusunya ibu-ibu atau ibu muda yang baru memiliki bayi dapat mengurusnya dengan benar.

Sumber https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-memandikan-bayi-baru-lahir-dengan-aman


Comments are closed